8.2.15

[CRAFT] Flour-Dough Homemade Gantinya PlayDoh

Posted by with No comments
Project akhir liburan lalu bikin playdoh palsu. Ini gara-gara fun-doh anak-anak uda abis tercerai berai. Dan Pia tiap malem sounding maminya minta beli playdoh (kebalik ya hypnowords-nya hahaha..) Kebetulan Pia ga punya, karena pas kakaknya dibelikan Pia belum ngerti cara mainnya.
Uda lama nyimpen resep playdough homemade ini, kalo ga salah dari majalah Parenting. Modal 5 ribu doang.

3 wadah untuk 3 anak
Bahan :
½ kg tepung terigu
250 gr garam halus
200 ml air matang
Pewarna makanan (merah stroberi dan biru)
1 sdt minyak goreng

Cara membuatnya:
1. Campur tepung terigu dan garam dalam wadah. Aduk rata, sisihkan. Karena mau bikin 2 warna, jadinya campuran tepung ini aku bagi 2. Masing-masing 250gr tepung + 125gr garam.
2. Bagi 2 air masing-masing 100ml di wadah terpisah. Tuang beberapa tetes pewarna makanan, aduk rata.
3. Tuangkan air yang telah diberi pewarna dikit-dikit ke dalam wadah terigu sambil diuleni hingga jadi adonan. Uleni sampai kalis. Lumayan pegel gileeee... Dan dari 100ml air itu masih aku tambahin 2-3 sdm air lagi supaya nyatu tepungnya. Pastikan aja adonannya kalis dan ga lengket ditangan.
4. Abis itu tuangkan minyak goreng dan uleni lagi hingga seluruh permukaan adonan menjadi licin. Oya, masing2 warna dikasi 1/2 sdt minyak gorengnya. Kalo kurang lembut/licin, tambahin dikit.

Jadi deh.. Alas bermainnya pake kotak susu yang dilipat dan cetakannya pake main masakan yang uda ada. Ditambah beli cutter cookies murah 1 set 14rb.. Ntar kalo uda selese main, simpen di kulkas biar agak awetan dikit kecuali uda ludes. Hahaha...

Oya, pertama kali main, sama Pia dimakan!!! Soalnya dia tau pas bikinnya pake tepung yang biasa mami bikin kue. Bleh bleeeehhh.... Wanginya wangi kue juga sih. Hahaha....

0 comments:

Post a Comment