9.2.15

Kolak Biji Salak Rainbow

Posted by with No comments

Masih dalam rangka menemani hujan, minta resep ini ke mamah Nta Ariesta Emaknya Zavy
Ya emang resep jadul yang seharusnya mudah dan cepat, eyke aja yang belum pernah bikin. Jadi kudu baca resep dulu. Abis gitu masih bingung antara tepung maizena dan tapioka. Elahdalah, tapioka iki kanji tow?? Ndeso.. Hehehehe...
Ini resep aslinya.

-KOLAK BIJI SALAK RAINBOW-

1/2 kg ubi dikukus lalu lumatkan (saya adanya ubi oren 800gr, semuakan)
150 gr tepung tapioka (saya pake sekitar 175gr karena ubinya banyak)
100-200 gr (saya pake 200gr sangat kemanisan trus ditambahin air deh terpaksa)
1/2 sdt garam
1liter santan
Pewarna makanan (saya keliru pake esens tuh... jadi kayak gitu warnanya.. hiks..)
Daun pandan
2 sdm tapioka di larutkan sesuai kekentalan (saya skip ini)

Eksekusi :
- Campur ubi yang di haluskan dengan tapioka sampai bisa dibentuk.
- Bagi beberapa adonan lalu beri warna (pas ini pake oren, merah, biru, hijau dan ungu)
- Bentuk bulatan kecil-kecil lalu masukkan dalam rebusan air mendidih sampai mengapung, tiriskan
- Buat kuah nya : campur santan+gula+garam+daun pandan dalam panci, masak dan aduk rata

Bagian yang saya skip :
- Masukkan biji salak kedalam panci, aduk sebentar pelan2.
- Masukkan larutan tapioka, aduk rata hingga mengental dan mendidih sebentar. Siap disajikan.

Saya ganti dengan menghidangkannya seperti ini :
- Tata biji salak warna-warni dalam mangkok
- Siram dengan kuah santan
- Kolak biji salak siap dihidangkan

Dibuat gini karena Adin gak suka bubur, kalo kental kan tampilannya mirip bubur. 


========================================================
Pengen bikin kue dan cemilan tapi males ribet?
Pengen baking tapi takut gagal?
Pengen es krim bikin sendiri dan mudah?
Ini ada loh resep tepung instan/premix segala macam kue, cemilan sampai es krim.
Lezaaat dan hemat.
Langsung baca disini yaaa : TEPUNG PENCITRAAN 
========================================================

0 comments:

Post a Comment