10.3.15

Cerita Panjang tentang Mesin Cuci

Posted by with 2 comments


Pernah baca gak pepatah bilang "mesin cuci mengerjakan setengah pekerjaan ibu rumah tangga". Lebay sih.. Tapi dipikir bener juga. Segala proses mencuci dari awal sampe akhir bener-bener mengambil banyak waktu dalam pekerjaan rumah tangga.
1. Memilah pakaian. Misahin antara yang berwarna dengan yang putih. Antara yang luntur dan nggak. Antara yang kain perlu perlakuan lembut (sutra, sifon, wol, kasmir, paris, dll) dengan yang tahan banting (jeans, dll). Antara handuk-sprei dengan pakaian sekolah. Dst dll dsb.. Bisa 5-10 menit tergantung intermezzo-nya.
2. Merendam. Yang kotor banget perlu direndam dulu sebelum disikat. Artinya mengaduk detergen didalam ember, merendam dan mengucek dan menyikat. Kalo beneran susah ilang noda kudu dipakein pemutih dsb. Nah.. Lengkap kan? Butuh banyak ember pula untuk tiap jenis rendaman. Ahik ahik.. Kamar mandi penuh ember baceman. Bisa jadi merendam ini antara 30 menit sampe 1 jam. Bahkan kalo lupa bisa semalaman deh. Wkwkwk..
3. Lanjut acara utama yaitu mencuci. Bisa di-replay lagi tadi sesi mengucek dan menyikat, sembari mencolek sabun colek, mengoles, sikat, ucek, sikat, ucek, banting. Hahaha.. Kayak jaman dulu nyuci di sungai, pake acara banting-banting deh.. Jangan banting ember kalo capek, eman-eman beli lagi. Yang ini hampir sekitar 1 jam lah kalo mau bersih kinclong bingits.
4. Bilas. Ada bilasan pertama, bilasan kedua, dan selanjutnya entah berapa kali bilas sampai busa detergen hilang. Kalo enggak, baju dijemur nggak kering dikit baunya naudzubillah. Bilas ini berarti nyalakan air, angkat, jebur, angkat, kucek, jeburin lagi, angkat lagi, peressssss sampe jari merah. Bisa di repeat sampe baju lemes, jari pedes dan boyok ngenes. Proses ini juga bisa 1 jam lebih. 
5. Kalo mau wangi, yuk rendam sekali lagi pake pewangi dan pelembut. Sejam dua jam ditinggal nonton sinetron kebablas lupa jemur. Alamak uda sore hujan pula. Hajaaaab...
6. Bilasan terakhir abis direndam pewangi, masih harus diperes lagi sampe mamel (lembab) baru dijemur. Berapa jam tu totalnya bo ibooo?


 
Nah, itu ritual mencuci simpel ala saya. Kalo ada yang mau ribet masih banyak kan.. Segala direndam air panas, disikat, bla bla bla. Pokoknya makan waktu panjang dan pinggang berasa patah-patah kayak goyangan Anisa Bahar.
Dulu saya sempet anti sama mesin cuci (meci). Termakan isu bahwa meci bikin baju kaos jadi molor, warna putih jadi buluk, warna ceria jadi pudar dan isu isu lainnya. Dipertegas saat saya menyerahkan kewajiban cucay mencucay ini ke Laundry karena kesibukan saya bekerja membuat tumpukan baju kotor nggak terjamah. Beneran, lipatan rapi dan wangi nggak menjamin itu baju jadi tetep cantik. Saya nggak tau gimana proses mencuci di laundry, tapi baju-celana itu kembali dalam bentuk rapi wangi. Tapi lama lama keliatan buluk. Saya kembali ke mesin cuci manual alias panggil jasa tukang cuci. Biar mahal dikit tapi seenggaknya saya bisa kasi perintah ini itu sebelum proses dieksekusi. Jangan direndam, jangan dicampur, kucek pelan, ini direndam 7 hari 7 malam ahahahah... Puas rasanya.
Keputusan membeli meci akhirnya menghampiri saya dan suami ketika saya hamil putri ke-3. Suami yang dulunya anak kost bertahun-tahun, sebenernya nggak setuju beli. Beliau juga agak trauma pada laundry kost-kost-an yang bikin bajunya pada buluk kayak kain pel. Tapi pertimbangan saya waktu itu banyak banget, salah satunya musim penghujan tiba saat saya melahirkan. Kota Batu, tempat saya tinggal dulu, kayaknya betah banget hujan tiap hari. Pagi sampe pagi lagi bisa gerimisssss nggak kelar-kelar. Kalopun nggak hujan badai, mendung menggelayut kayak nggak mau jauh-jauh. Bisa dibayangkan betapa repotnya kalo sampe kehabisan baju bayi.
Pengalaman jaman kakaknya dulu, baju sampe dijemur pake lampu dan kurungan ayam. Owemjih... Bahkan sepatu baby bisa ditangkringin diatas dandang menanak nasi biar kering. Jadi pas itu kami sepakat membeli meci. Kebetulan promo kartu kredit berlaku untuk cicilan 12 bulan dengan bunga 0%. Dan entah karena rejeki adik bayi atau keberuntungan, meci yang kami pilih sampai double-discount. Dapet diskon dari acara sale merknya kerjasama dengan hypermarketnya, juga diskon dari kartu kreditnya. Mesin cuci top loading LG itu seharga 2,6 juta dan jatuhnya kami beli hanya dengan 1,5 juta dicicil 12x. Ahahahah.. (Nyicil koq bangga..).
Akhirul kata, sampailah meci itu dirumah. Pekerjaan sungguh terbantu dengan adanya meci. Saya bisa memasukkan baju-baju (dipisahin baju dewasa dan baju bayi kala itu), pencet tombol start, air mengalir sendiri otomatis putar, saya tinggal kerjakan lainnya. 57 menit kemudian, alarm memanggil dan baju siap dijemur. Voilaaa... Tanpa kusut wajah dan berkerut jari ini. Hingga anak kedua sekarang usia 4,5 tahun, meci itu Alhamdulillah masih awet dan bekerja maksimal.
Gimana menempatkan dan mengatur ketinggian mesin cuci supaya kerjanya maksimal?
Note dari Buku petunjuk penggunaan mesin cuci : 
- Meci harus berdiri kokoh ditempat datar dengan jarak sesuai. Jangan sampe goyang-goyang dikit aja karena bisa bergeser nantinya. Kalo dipermukaan nggak rata/lembek/miring, mesin cuci akan bergetar dan ga bisa beroperasi. Lama-lama ya bikin rusak.
- Jarak aman dari kanan kiri sekitar 2cm dan sisi belakang sekitar 10cm.
- Buka tutup tabung, dan perhatikan tabungnya berada tepat ditengah atau cenderung ke kanan/kiri. Pokoknya tabung harus tepat ditengah.
- Biasanya sih di kaki mesin cuci terdapat kaki penyangga yang bisa berputar untuk meratakan mesin dengan permukaan lantai.
- Pasang pelindung anti tikus (biasanya bawaan dari meci-nya)

Punya 3 anak dengan tingkat keahlian-gerak yang tinggi, artinya sering menambah intensitas mencuci. Cuaca di kota Bangil ini panas bin syumuk. Sehari anak-anak bisa ganti baju 3-4x. Termasuk baju sekolah dan baju kerja suami. Kalo saya nggak punya meci, bisa gempor seharian dihadapkan sama cucian setinggi pohon cemara. Belum lagi tumpukan seprei, handuk, lap-lap dapur, kaos kaki, bahkan boneka. Meci biasanya konsisten menyala 2 hari sekali. Lama-lama jadi tiap hari, dan kadang sampe 3 ronde sekali cuci.
 Ajegileee.. Kayak londri beneran. Abisnya saya wajib memisahkan jenis-jenis bajunya sebelum mencuci. Hasilnya sekarang baju kami nggak bulukan meski hampir tiap hari dicuci dan dikeringkan di bawah matahari panas. Padahal rotasi pemakaian baju itu cukup sering. Itungannya kayak cuci-kering-pake gitu deh.. Tapi bisa dibandingkan dong, baju cucian meci saya sama meci ala londri. Beda hasil, menurut saya looh..

Caranya gimana? Yuk mari sama-sama belajar..
1. Saya selalu misahin baju sebelum dicuci. Jeans/celana berat-berat selalu dicuci terpisah. Seprei dan handuk dicuci bersamaan. Baju sekolah, kerja dan harian dicuci bareng. Baju dengan warna putih kayak seragam, pakaian dalam, di treatment sendiri sebelum nyemplung. Saya hindari mencuci celana jeans barengan sama baju lainnya meski nggak bakal kelunturan satu sama lain. Saya juga periksa semua kantong dan mengeluarkan benda semacam tisu, kertas, pulpen, koin, uang dll. Karena hal ini bisa bikin mesin rusak atau tercampur ke pakaian lain. Ada tisu dikit aja, bisa bikin remah-remahnya nempel dimana-mana.
Note dari Buku petunjuk penggunaan mesin cuci : 
- Perhatikan label di pakaian supaya bisa mencuci dengan benar sesuai bahan pakaian.
- Pisahkan dalam 3 tumpukan berdasar : Kotoran, Warna dan Bulu serat.
- Pakaian yang berserat dibedakan menjadi 2 : pakaian yang menghasilkan serat (handuk, gorden, serbet, popok) dan pakaian yang mengumpukan serat (sintetis, kordoray, kaos kaki). Jadi dipisahin aja, supaya bulu-bulu serat nggak saling nemplok.
- Pastikan semua kantong kosong, benda tajam kecil bisa merusak tabung meci.

2. Treatment khusus untuk baju putih biasanya saya rendam detergen cair dengan citrun acid 3-4 jam sebelumnya. Kadang bisa semaleman saya rendam. Sikat dikit kotoran hilang, baru cemplungin meci.
Note dari Buku petunjuk penggunaan mesin cuci : 
- Sebelum mencuci, hilangkan noda secepatnya. Noda melekat susah dibersihkan oleh meci. Kerah dan lipatan baju dibersihkan dulu dengan detergen. Ya emang butuh penanganan khususlah untuk para gerombolan noda ini kalo mau bajunya bersih kinclong.

3. Pake detergen sesuai jenis meci. Saya pake detergen liquid/cair untuk meci top loading 1 tabung milik saya. Kalo pake detergen bubuk, masih ada gumpalan-gumpalan detergen yang nggak larut dan malah nempel di baju/celana susah ngilanginnya.
Note dari Buku petunjuk penggunaan mesin cuci : 
- Ikuti petunjuk pemakaian detergen dari wadahnya. Sebaiknya ga pake detergen dengan bentuk serpihan/butiran.
- Kalo mau liat apa detergen yg kita tuang dalam takaran benar, buka tutup meci saat proses berjalan setengah. Sebaiknya terdapat lapisan busa tipis dipermukaan air. Banyak busa keliatannya oke, tapi ga akan membantu membersihkan pakaian. Nggak ada busa berarti detergen ga cukup, kotoran atau bulu serat bisa kembali melekat di pakaian/meci. Kalo kebanyakan detergen bilasan juga ga akan bersih dan efisien.
- Beberapa jenis detergen harus dilarutkan sama air dulu sebelum dimasukkan meci. Kalo pake detergen bubuk, ada baiknya dilarutkan di air panas baru dimasukkan dalam cucian. Pelarutan detergen dalam air hangat saat mencuci dengan air dingin bisa memperbaiki hasil cuci.
- Pemakaian pemutih juga diliat sesuai label pakaian. Larutkan di air dulu sebelum ditambahkan terutama yang berbentuk bubuk. Dan masukinnya melalui kotak pemutih, jangan langsung tuang ke pakaiannya.
- Jangan campur pemutih dengan amonia, cairan asam seperti cuka atau pembersih karat karena bisa menyebabkan gas beracun.

4. Saya jarang pake pewangi pelembut kalo nggak mendung/musim hujan. Kalo yakin bakal cukup panas, saya lebih baik nggak pake pewangi pelembut. Khusus handuk dan seprei, baru saya pake pewangi, biar awet harum saat disimpan, juga menul-menul empuk (kebayang donat..). Kalo diperlukan pewangi/pelembut, saya menuangkannya pas bilasan terakhir. Meci saya bunyi alarm titut titut kalo pas waktunya nuang pewangi. Makanya anak kedua saya akrab menyebut meci dengan titut-titut. Abis dituangin pewangi, saya stop+off meci, cabut kabelnya. Biarkan 1 jam, baru spin. Kalo handuk/seprei, seringnya rendam lebih lama sih.
Note dari Buku petunjuk penggunaan mesin cuci : 
- Larutkan pewangi pelembut dengan air dulu. Kalo nggak, kadang bisa menimbulkan noda seperti noda minyak di baju.
- Jangan campur pelembut dengan detergen atau pemutih.
- Sering menggunakan pelembut akan membuat scrud (gumpalan lilin) di meci. Bersihkan teratur dengan cara pembersihan meci.
- Disarankan melakukan pencucian 1x air panas setelah 5x pencucian air dingin.

5. Tiap habis pake meci, saya selalu lepasin filternya, buang isi kotorannya dan bilas pake air sampe bersih. Kotoran yang tersimpan lama selain bikin bakteri/kuman, juga bisa bikin kotor lagi di cucian berikutnya. Laci detergen juga dibersihkan, pake sikat bekas gitu, jadi sisa detergen yang nempel bisa ilang dan bersih.

6. Meci saya otomatis tersambung dengan keran air. Kalo lagi ga dipake, kerannya saya tutup. Sebenernya dibiarkan terbuka terus juga ga masalah, karena kalo meci mati, air ga bakal masuk. Tapi biar lebih aman aja sih.

7. Baju yang uda selesai di spin/dikeringkan (sebenernya masih lembab, bukan kering 100%) jarang saya biarkan lama-lama didalam meci. Langsung angkat, jemur. Abis cuci, tutup meci dibuka barang 15-30 menit, baru tutup. Jangan lupa cabut kabelnya dari stop kontak, karena meci termasuk penyedot listrik siluman. Meski mati, masih ada arus listrik yang disedot (kata suatu artikel sih gitu..)

8. Jemur bajunya dibalik. Jemur dibawah sinar matahari bagian dalamnya. Supaya warna bagian luarnya tetep terjaga cerah. Saya sih pake hanger kalo jemur. Selain hemat tempat, pakaian juga ga langsung kena sinar matahari karena posisinya digantung gitu.

9. Kalo uda kering, angkat langsung jemuran. Balik, lipat secukupnya untuk proses berikutnya, misalnya disterika. Kalo dibiarin sampe lama disinar matahari, bisa pudar juga warnanya. Kalo sampe sore, bisa lembab lagi bajunya.

10. Rawat meci supaya kerjanya maksimal. Di buku panduannya pasti uda ada, jadi abis terima meci baca aja dan lakukan apa yang ditulis disana. Kalo macet ato rusak, bawa ke tukang servis aslinya jangan diutak atik sendiri kalo ga yakin.

11. Penting juga menggunakan detergen yang formulanya sesuai dengan meci. Saya uda beralih ke detergen liquid karena kabarnya kualitasnya lebih baik untuk mencuci dengan meci (juga lebih mahal sih). Menurut saya sih emang gitu juga, kalo liquid tu gampang tercampur dengan air dan larut. Sisa-sisanya ga banyak nempel di laci detergen atau dipakaian.

Panduan merawat meci di internet juga bertebaran banyak. Saya hanya mengikuti apa yang ada di manual booknya. Ada 2 sebenernya yang tertulis disitu.
1. Tub Clean. Ini proses membersihkan tabung meci merk LG. Terutama kalo sering dipake mencuci pake air dingin/air biasa. Banyak endapan residu detergen yang menempel di tabung dan bagian lain didalamnya yang nantinya bisa bikin kotor/bau di pakaian. Tub clean ini tinggal mencet tombol gitu sih. Waktunya 2 jam. Jadi setelah pencet tombol, meci ngisi air sampe full kayak mau nyuci pakaian biasanya (oiya, meci kosong ya tanpa isi). Trus kita disuruh nuangin sekitar 300 ml pemutih pakaian kedalam air itu setelah proses berjalan 10 menitan. Nah selama 2 jam itu air diputer-puter gitu didalam meci. Ada kalanya diam beberapa menit tanpa proses. Terakhir dibilas dan dibuang airnya secara otomatis juga. Setelah proses tub clean ini, tutup meci dibuka beberapa saat sampai kering dan menghilangkan bau pemutihnya. Tapi hasilnya bau meci jadi seger lagi deh..
Note dari Buku petunjuk penggunaan mesin cuci :
- Bersihkan kotoran dari filter sebelum/sesudah proses dan kosongkan tabung.
- Jangan menuangkan pemutih langsung, bisa merusak tabung. Jadi tuang di wadah/laci pemutih.
- Gunakan 1 bulan sekali, jangan berkali-kali.

2. Yang kedua agak ribet, saya jarang pake sih. Tapi sesekali emang perlu. Pada dasarnya sama aja untuk bersihkan tabung dan bagian dalam mesin dari sisa residu gitu. Jadi tabung diisi air panas. Kalo ada keran air panas sih enak ajee, nah saya kan terpaksa masak air panas untuk menuhin tabung 7 kg ini, alaah mana tahan.. Katanya air panas lebih cepat membersihkan residu detergen dan membunuh jamur kuman bakteri didalam tabung. Caranya :
- Isi meci dengan air panas
- Masukin 2 cangkir detergen berisi fosfat (maaf saya ga paham maksudnya, jadi saya pakenya detergen biasa sih..)
- Putar sekitar 15 menit. Matikan. Biarkan semaleman gitu
- Besoknya buang airnya, bilas dengan putaran normal.

Saya seringnya pake cara nomor 1 karena otomatis gitu, ga perlu masak air panas. Dan juga ga boleh sering-sering. Liat intensitas pemakaian juga. Kalo dirasa perlu, misalnya baju mulai apek dan ga bersih hasillnya, baru proses Tub clean. Ya minimal 2-4 bulan sekali lah dibersihkan.
Baca-baca Google ada juga yang membersihkan tabung meci dengan cara ini :
- Campur 1 cangkir cuka + 1 cangkir baking soda. Masukin ke tabung yang uda diisi air panas, jalankan 15 menit. Trus buka tutupnya dibiarkan sampai kering. Eeh, saya pikir lagi, mau berapa lama nunggu sampe air sepenuh tabung itu kering ya?? Sumpeh itu instruksinya kayak gitu.

Jadi, emang ada meci ini sungguh membantu banget deh buat ibu-ibu rumah tangga. Kalo penggunaan dan perawatannya tepat, hasil kerjanya maksimal dan pakaian tetep cemerlang warnanya. Yaaah... Kalo gitu ga ada salahnya punya meci 2 yaa.. 1 meci aja bisa mengerjakan setengah pekerjaan rumah tangga, apalagi 2 ya kan?? *nggaknyambung*

Ruang Laundry Idaman

2 comments:

  1. Salam sukses dari kami
    untuk anda yang membutuhkan mesin pengering,
    setrika uap, konversi, dan perlengkapan laundry lainnya silahkan
    menghubungi kami di web www.bospengering.com atau langsung telpon kami
    ke 081221673020; pin bb 59F141F2, Line : Bospengering, Facebook : Bos
    Pengering

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete