24.5.15

[CRAFT] Membuat Rumah Barbie

Posted by with 4 comments
Berulang kali anak-anak minta beli Rumah Barbie kalo lagi jalan-jalan ke mall. Gak cuma anaknya sih, maminya juga tertarik. Soalnya lucu dan yaaah, bagus sih. Kebanyakan ya bahannya dari kayu, dicat pink cerah, dekorasi indah dan harganya pun wah. Untuk Rumah 2 tingkat aja bisa 500-700rb. Widiiiwww... Gak mampu deh beli 3 macam begitu.
Jadi, bertekad membuat sendiri Rumah Barbie itu. Browsing Google kesana-kemari, menemukan banyak sekali mainan homemade dari carton board bahkan dari kardus bekas. Proses hunting ini bukan cuma menarik buat anaknya, beneran emaknya ikutan ngiler. Banyak web-web crafting di luar negeri yang posting pembuatan rumah boneka, rumah barbie, kitchen set sampai rumah-rumahan beneran. Hanya dari bahan bekas!

Akhirnya ke nanya-nanya ke temen yang produksi box-craft untuk hampers tentang kertas tebal. Ketemulah info yang namanya kertas ini kertas 30 super. Tebal sekitar 2mm. Harganya sekitar 11rb per lembar (lupa pastinya karena beli sekitar 2-3 bulan lalu). Dan di toko pas ditanya kertas 30 super pada ga tau, yg ada kertas karton tebal. Yauda sih, sama aja. Hahaha...
Jadi beli 5 lembar kertas itu karena mau bikin 3 Rumah Barbie kapasitas kecil-kecilan aja. Beratnya lumayan juga nenteng kertas 5 lembar doang.
 
Untuk pola rumahnya, nyontek di : http://mycakies.com/2014/10/diy-recycled-cardboard-dollhouse/

Di situ bahannya dari kardus bekas sih, tapi yakin bakalan cepet rusak kalo dipake anak2 bongkar pasang terus. Filenya uda dalam bentuk PDF, tinggal save kemudian print aja.

Bahan yang diperlukan :
- Pola yang uda diperbesar sesuai kebutuhan besarnya rumah
- Kertas 30 super / karton tebal
- Cutter dengan pisau tajam
- Penggaris besi
- Gunting
- Kertas kado
- Lem kayu (warna putih)

Cara Membuat :
- Jiplak aja pola kertas di karton tebal. Ini bikinnya pake skala, karena nyari fotokopi untuk perbesar gambar gak nemu.
- Pastikan semua bagian uda terjiplak pola, jangan ada bagian yg lupa.
- Gunting/potong menggunakan cutter. Harus hati-hati karena kertas ini tebal dan cuku keras. Pisau cutter juga harus tajam.


- Siapkan kertas kado untuk melapisi karton. Oles lem kayu ke seluruh permukaan karton, tempel kertas kado, baru lubangi bagian2 jendela, pintu dan rapikan pinggir-pinggirnya.
Note : Saat melapisi ini, saya keliru melapisi bagian dalam/luar/atas/bawahnya. Karena kertas kado terbatas, saya pikir melapisi bagian luarnya saja. Eh, malah kebalik melapisinya. So, sebelum memutuskan untuk melapisi kertas, rakit dulu bagian-bagian rumah. Baru tandai mana yg akan dilapisi kertas kado. Lepas rakitannya, baru lem-kan kertas kadonya.

- Setelah lem kering, rakit bagian-bagian rumah.

- Lebih cantik lagi kalo dihias, jadi jendelanya dikasi tirai dari renda/kain perca, dsb.


Enaknya membuat rumah barbie semacam ini, bagian-bagiannya bisa dilepas dan dipasang ulang. Saat disimpan, cukup dilepas menjadi bentuk lembaran lagi, jadi gak makan tempat penyimpanan.
Nah, Rumah Barbie-nya uda jadi. Tinggal dilengkapi dengan perabot mini deh...


4 comments:

  1. wahhh kereenn, ide yang kreatif..
    terima kasih untuk infon dan tutornya, bisa diterapin di rumah.
    jangan lupa kunjungi juga www.smartkiosku.com atau www.serbamultimedia.com yaa

    ReplyDelete
  2. Thanksss bangett. Anak lg nangis2 pengen rumah barbie.liat yg udah jadi harganya lumanyun hehehhe

    ReplyDelete