25.1.15

Pizza Gagal

Posted by with No comments

Another "bantet" project
Lagi pada rame bikin homemade pizza, jadi coba juga deh..
Bahan yang ada, topping seadanya. Pake 2 resep berbeda dijadikan 1, moga-2 eksperimen berhasil. Resep pertama dough-nya tanpa diuleni, jadi ga ribet. 10 menit adonan siap didiamkan suhu ruang 1 jam, dan 2 jam suhu kulkas (kata resepnya). Resep ke-2 panggangnya pake hepikol. Ahhhyaaak.. Daku kan ga punya otang ato otrik. Jadi pake hepikol wae.
Adonan jadi, adek Pia ga mau tidur siang, merem melek geje. Uda yakin banget bakal gagal total. Secara nimbang bahan keburu-buru, airnya kebanyakan (lupa ga ditakar) ngadoni juga keburu-buru.
Hasilnya kalo liat fotonya menggiurkan. Aromanya sama persis sama PH (menghibur diri). Tapi jangan ditanya rasanya. Hahahaha... Tertolong sama toppingnya yang mantep berat : sosis, kornet, makaroni, saus spageti dan taburan keju.
Kalo roti dasarnya, jadinya mirip roti maryam, wkwkwkwk.. Sudahlahhh... Yang penting besok kita pergi ke Pizza Hut pesen Large shrimp kress sama beef lasagna!!
 Piza Enak Tanpa Diuleni
Saya lupa resep copas dimana, uda lama banget simpan di hp. Ini resep aslinya.

Bahan adonan piza:
150 ml air hangat 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak sayur biasa 1 sendok teh ragi instan 1/2 sendok teh garam 180 gram tepung terigu serba guna atau protein tinggi

Saus:
3 sendok makan saus spaghetti siap pakai sejumput mixed herbs (Italian seasoning) 1 sendok teh gula pasir 1 sendok makan saus sambal ekstra pedas (optional) 1 sendok makan saus tomat

Topping:
1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, iris setipis mungkin 2 buah sosis, iris tipis keju cheddar sesuai selera keju mozzarella sesuai selera

Cara Membuatnya:

  • Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan semua bahan adonan piza lainnya, aduk hingga semua bahan tercampur rata dan menjadi adonan yang kasar, lembek, dan agak basah.
  • Tutup mangkuk dengan kain, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang.
  • Setelah 1 jam, masukkan adonan ke kulkas dan biarkan 1 – 2 jam lagi dalam posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam.
  • Panaskan oven di suhu 200 derajat C.
  • Siapkan loyang, kebetulan saya menggunakan loyang biasa yang ada di rumah. Beri sedikit taburan terigu.
  • Keluarkan adonan piza dari kulkas, letakkan di atas loyang. Ratakan adonan hingga melebar dan memenuhi loyang. Bisa menggunakan jari atau dengan bantuan sendok. Usahakan setiap permukaan adonan memiliki ketebalan yang sama. Adonan lembek, tidak lengket dan mudah diatur.
  • Aduk bahan saus hingga rata. Lalu siapkan bahan-bahan untuk topping piza.
  • Olesi permukaan adonan dengan saus, bisa menggunakan kuas atau bisa juga dengan menggunakan punggung sendok makan. Tata sosis, bawang bombay secara merata. Taburi dengan keju cheddar dengan keju mozzarella.
  • Panggang piza selama 20 menit atau hingga roti terlihat mulai kecoklatan dan kering permukaannya. Keluarkan dan potong-potong selagi hangat.
  • Jika adonan mau disimpan, bisa dimasukkan ke dalam wadah/plastik tertutup yang sudah diolesi minyak sedikit lalu taruh di freezer. Ketika akan digunakan, pindahkan dahulu ke kulkas bawah hingga adonan tidak beku lagi, baru diolah dan diberi topping.
========================================================
Pengen bikin kue dan cemilan tapi males ribet?
Pengen baking tapi takut gagal?
Pengen es krim bikin sendiri dan mudah?
Ini ada loh resep tepung instan/premix segala macam kue, cemilan sampai es krim.
Lezaaat dan hemat.
Langsung baca disini yaaa : TEPUNG PENCITRAAN 
========================================================
 

0 comments:

Post a Comment