26.1.15

Nge-Grup di Facebook (Part 1)

Posted by with No comments

Pengen cerita tentang grup di Facebook yang makin menjamur. Banyaaaaaak sebanyak-banyaknya. Ini dikarenakan membuat grup sangat mudah, tinggal klik create grup, kasi nama, kasi deskripsi, tambahin temen, kasi ikon.. Voilaaa... Jadi deh Grup baru. Saya sendiri sekarang masih aktif jadi admin di 2 grup umum, 1 grup rahasia dan 2 grup komunitas khusus. Juga ada beberapa grup kecil yang saya buat temporary, setelah selesai saya hapus. Senangnya jadi admin adalah banyak teman dan bisa ngatur-ngatur orang, hehehe... Nggak sih, nggak segitunya....


Grup yang temporary itu dulunya semacam grup arisan online (format jadul). Jadi ketika arisan selesai, grupnya saya hapus. Eeiits.. Bukan jenis arisan abal-abal yang sekarang rame itu ya.. Arisan saya dulu arisan model pertama kali ngetrend di Facebook. Produknya barang rumah tangga, ahahahah... Ada beberapa kali saya membuka arisan, jadi punya grup-grup kecil gitu dengan member hanya 5-6 orang yang setelah 6 bulan buyar.

Grup besar yang saya manage pertama kali adalah Grup TIPS RUMAH ASYIK. Bisa dibilang saya foundernya bersama sahabat dumay saya yang baik hati mbak Windie. Padahal kita ga pernah ketemu, inbox sekali langsung klop untuk membuat grup ini. Ide awalnya dari saat kami kongkow bareng di grup ibu-ibu yang terkenal saat itu, ngomongin ini itu sampai soal tips tips rumah tangga (yang bukan bahasan utama grup). Saya terpikir untuk membuat 1 grup yang isinya tips-tips rumah tangga umum. Mungkin isinya sekitar gimana caranya ngusir semut, gimana caranya ngilangin noda baju, gitu gitu deh.. Dan kebetulan banget saya hobi nyimpen file-file tips begituan dari hasil browsing internet di komputer jadul saya.
Saya utarakan hal itu ke mbak Windie, dan dia suka banget ide ini. Saya semangat membuat grupnya dan membuat peraturan grup. Saya posting semua file-file tips dari komputer saya. Dan banyak sekali respon positif dari teman-sahabat-orang tidak dikenal di Facebook yang akhirnya bergabung. Semua share pengalaman pribadi menangani masalah dapur rumah tangga. Sampai saat ini TRA sudah berdiri 3 tahun, dengan warga sekitar 6000 lebih dan 5 admin. Meski beberapa waktu belakangan TRA nyaris sepi tanpa even, tapi masih banyak pengunjung yang ingin bergabung. Kadang keterbatasan waktu admin juga membuat TRA kadang sepi obrolan. Tapi sesekali masih ada juga tips baru yang di share (saya tau banyak manfaat baking soda untuk bersih-bersih ya dari sini.. )

Ada lagi grup Komunitas yang saya juga menjadi admin disana. Yaitu grup Foto Amatir yang terbuka untuk umum dan grup Tabungan Lebaran TRA khusus warga TRA. Mengenai grup Foto Amatir akan saya bahas terpisah kemudian hari. Kalo grup TL TRA dibuat saat itu untuk memfasilitasi warga TRA untuk menabung uang yang bisa diambil menjelang Ramadhan tahun berikutnya. Uang tabungan di depositokan, dan bunga deposito 100% disumbangkan untuk acara Peduli Ramadhan TRA. Sampai saat ini sudah berjalan 3 periode TL dengan jumlah anggota terbatas dari warga TRA saja. Karena kami juga tidak mengambil untung atau memberi profit, murni menabung untuk kebutuhan lebaran.
Grup terakhir yang saya ceritakan adalah grup RAHASIA (lah rahasia koq diceritakan??) Hehehe.. Saya hanya berbagi sedikit. Bahwa pertemanan kami di dumay ternyata bisa sangat erat. Bahkan kami saling curhat masalah pribadi!!! Saling support dan membantu. Melebihi apa yang diberikan tetangga atau saudara sekalipun. Anggotanya hanya sedikit, sekitar 30 orang. Beberapa kali kami juga kopdar dengan serunya. Ikatan diantara kami begitu nyata dan bermanfaat. Kami sudah seperti saudara, benar-benar saudara. Karena grup ini Rahasia, jelas tidak ada satupun orang diluar grup kami yang tau karena kami ga pernah ekspose kebersamaan kami. Bergaul di Facebook secara umum juga biasa-biasa aja, kayak ga kenal dekat. Tapi kalo uda di grup Rahasia (bukan nama sebenarnya), atau di grup whatsapp-nya, kami ancur-ancuran.. Hahaha... Semua admin adalah anggota, dan semua anggota adalah admin, itu uniknya.. Tapi Masya Allah.. Senangnya bergabung diantara mereka, benar-benar membawa perubahan positif.

Jadi, carilah grup yang membawa manfaat buat kita. Bukan sekedar curhat sana curhat sini, adu pendapat pro kontra atau apalah namanya. Cari yang memberi kita ilmu dan pengetahuan, bukan cuma hoax atau pamer-pamer kekayaan belaka. Banyak grup khusus yang sangat bermanfaat.
Coba link ini ya...


Belajar Foto Amatiran : Foto Amatir 
Tips Rumah Tangga : Tips Rumah Asyik 
Kuline Kota Malang : Malang Kuliner
Wied Harry Kuliner Enak, Sehat, Alami : Wied Harry
GESAMUN - Gerakan Sadar Imunisasi : Gesamun
Komunitas Ayah Dukung Ibu Menyusui : Komunitas Ayah ASI
Dapur Aisyah : Dapur Aisyah
Pelangi Keluarga : Pelangi Keluarga
Cooking Fun : Cooking Fun
Muslimah Belajar Masak : Muslimah Masak
Forum Diskusi Penyakit Jantung Bawaan : Jantung Bawaan
KB Alami Modern : KB Alami
Bento Club : Bento
Jual Beli Bento Stuff : Jubel Bento
MPASI Rumahan : Mpasi Rumahan
Room For Children (RFC) : RFC
Homemade Healthy Baby Food : HHBF
Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) : AIMI
Jual Beli Barang 2nd : 2nd Best
Gentle Birth Untuk Semua : GBUS
Tambah ASI, Tambah Cinta : TATC
Preeschool On Line : POL
Sahabat Clodi Bayi : Clodi
Dunia Anak Kita : Dunia Anak
Indonesia Homeschoolers : Homeschooler
Moslem Preneur Indonesia : MPI
Natural Cooking Club : NCC
Forum TK dan PAUD : TKPADU
Yuuk.. Kita Curhat : Curhat
Aku Ingin Hamil : AIH
Komunitas Ibu Cerdas Indonesia : KICI
Manik2Cantik : Manik-Manik
Komunitas Penulis-Bacaan-Anak : Penulis Bacaan Anak
Cerita Anak : Balita Pintar
Makan Enak, Yuk! : MEY
Pavilyun Keluarga - Solusi dan Permasalahannya : Keluarga Islami
NGaji Online Ibu-Ibu : Pengajian Online
Gudang Info Lomba : Info Lomba
Dapur Sehat Ibu : DSI
Mamma Mia : Mamma Mia
Ibu Bekerja, Anak Sehat : IBAS
Kumpul Bunda : Kumpul Bunda
Bisnis Online Shop Terpopuler : BOS
Cinta Jilbab : Cinta Jilbab
Berbagi Resep Masakan : Resep Makanan
Recomended Online Shop : Recomended OS
Pasar Online Perlengkapan Ibu dan Anak Indonesia : PERBINA
Smart Parenting With Love : PARENTING
Aneka Lomba di Facebook : Aneka Lomba
Ceria Traveller : Traveller
Sayangi Anak Indonesia : SAI
Klinik Baca Tulis Mengikat Makna : Baca Tulis
Gerakan Sadar Obat : GSO
Seks Harmonis : SH
Single Parents Indonesia : Single Parent
Rajut Merajut : Merajut
Pecinta Komik Jepang : Manga
Diskusi Wanita : Diskusi Wanita
Komunitas Make Up & Beauty Indonesia : KMUBI
Pasar Suvenir : Pasar Suvenir
Tupperware Blacklist : Tuppy Blacklist OS 
Tupperware 2nd : Tuppy Mantap
Wattpad : Wattpad Indonesia 
Hijabers : Street Hijabers 
Food Blogger : Indonesian Foodblogger 
Blacklist OS : Blacklist and Whitelist OS 

Selamat nge-grupies...

0 comments:

Post a Comment