15.1.15

Write and Write

Posted by with No comments
Bismillahirrohmanirrohim...

   Menelusuri berkas blog yang lama sampe njelimet, berusaha nemu kata kunci, keyword, password, yang ada malah sewot ga nemu-nemu. Lupa nama blognya, sekaligus kunci pintunya. Yowes kacau.
   Uda kali ke 4 seperti itu. Hilang deh yang namanya berkas-berkas purbakala sejak jaman kuliah. Cerita-cerita mulai dari sekedar terpeleset di mall bagus di Medan sampe cerita demo mahasiswa menentang pendirian Malang Town Square tinggal kenangan, lupa juga yang ditulis apa. Terakhir nge-blog sebelum ada setelah ada Adin lakok keterusan lupa ngisi dan akhirnya wassalam. Yauda bikin lagi, apa gunanya blog gratis? Hobi menulis ga bisa dipisahkan. Walo hanya sekedar nulis pengantar resep abal-abal, status alay di Facebokk atau bahkan nulis pengumuman di grup-grup kece yang dipegang saat ini. Rasanya menulis itu semacam meluapkan emosi di kepala yang ga ada akhirnya... Aelaah.... Timbang ngomong, susah bener.


    Menulis uda dimulai saat saya duduk di SMP kala itu, menulis cerpen di buku tulis yang di edarkan dari tangan ke tangan. Dari kelas A sampe kelas F. Dibaca sama gadis-gadis belia. Sampe dapet hadiah 2 pak buku tulis dari majalah Bobo. Senengnya seperti dijajanin gratis sama temen di Kopsis SMP. Berlanjut saat SMU dengan menulis diari diari ga penting berisi ledakan asmara dan cinta, masih menulis cerpen-cerpen semi romantis yang ada adegan peluk cium ringan (meniru majalah Aneka Yess) sampe akhirnya punya buku Ember isi curhatan 1 genk. Eehh.. Ternyata dijiplak sama Cinta and the gank di AADC (catat di buku curhat!!! Remember?). Abis itu stag. Ga pernah nulis di buku tulis lagi. Ganti di komputer pas jaman masuk kuliah. Disimpan di belasan disket. Entah itu curhat geje, cerpen yang separo jalan lupa passwordnya (iya MS. Word-nya di password!!!), sampe wishlist yang terus-bertambah tanpa ada kesempatan berkurang 1 pun. Pindah laptop, ganti flashdisk, sampe kerja kantoran masih sempet ngetik di jam istirahat kantor. Banyak cerpen-cerpen tertunda, tanpa judul, selesai 70% dan ada yang cuma kerangka dasar tanpa dibuat ceritanya. Otak mampet kena diktator kantor dan kejar-kejaran bikin skripsi. Biasanya nulis di Facebook, status yang dipanjang-panjangkan atau buat puisi kajol (kagak jolas) yang disimpan di note FB (kapan-kapan saya copas kesini). Berlanjut ngadmin di beberapa grup ibu ibu kece, memperluas koneksi dan menulis beberapa pengantar-pengantar grup kalo lagi hasrat. Kenal sama The Urban Mama, dan beberapa kali posting tulisan disana, disambut baik. Dan ada 1 koneksi Online Shop yang meminta untuk di review produk dagangannya sampe 2x.
   Alhamdulillah yang terakhir menimbulkan angka di rekening. Pas punya anak, hasrat menulis makin banyak. Apa idenya? Tingkah anak-anak yang makin ajaib tiap hari. Ketika foto dan video hanya menyimpannya dalam bentuk gambar dan gerak plus suara, tulisan mampu menyimpannya dalam bentuk emosional karena lebih mendeskripsikan semuanya per kata. Segala tingkah dan ocehan ajaib mereka membawa ide untuk menulisnya di status FB. Membuat beberapa orang sahabat tertawa dan makin mengenal kami sekeluarga. Sampai ketika seseorang yang baik memberi celetukan "bikin blog aja mbak.." Lagi?
   Oke.. Mari kita telusuri. Laptop ada, meski jadul dan suka hang ga jelas karena software terakhirnya bajakan. Waktu ada, saat nemenin tidur siang bisa ngetik di hp lalu copas ke blog. Atau selepas anak-anak tidur malam, sambil nunggu suami pulang kerja. Bahan banyak, di kepala ini ga kehabisan ide yang mau ditulis. Mau yang seru-seruan, lucu, nyinyir, dagangan pun ada. Akhirnya menyepakati dalam hati dan otak, ayo kita ngeblog lagi. Nulis lagi. Passionate lagi. Dibaca atau nggak sama orang, kita simpan kenangan emosional kita dalam tulisan. Yang baca senang Alhamdulillah, yang ga senang yauda klik silang. Kali ini beneran niat, simpan password dan tetek bengek identitas blog serapi mungkin. Tinggal liat kalo lupa. Masalahnya cuma 1, kalo buku catatannya keselip ato laptop rusak. Ilang lagi deh passwordnya... Hahaha...

Salam kenal,
Saya ibu 3 anak perempuan

0 comments:

Post a Comment