15.1.15

Cerita Tentang Pemakaman

Posted by with No comments
Teringat suatu cerita senja..
Pas itu saya bonceng 3 anak menuju warung masakan jadi. Supaya jalannya ga muter jauh, saya biasa diajak suami ambil jalan pintas lewat tengah sawah dan melintasi pemakaman umum. Kali ini cuma berempat sama anak-anak dan lepas waktu Ashar. Jadi lewat tengah sawah itu nyenengin banget pas sore hari, sawahnya hijau, udara sejuk, apalagi pas lewat ada serombongan bebek lagi JJS juga. Pas masuk areal pemakaman, baru deh si kakak komentar.


"Mi ga takut lewat sini?" Dia mempererat pegangan di jaket saya. FYI, saya biasa bonceng Pia didepan, Adin ditengah dan Micca paling belakang.
"Nggak lah, isinya semua orang uda meninggal, dikubur ditanah, ga bisa tiba2 keluar sendiri trus nyamperin mami"
"Trus yang di tivi itu hayo, kalo ada orang mati trus jadi hantu hayooo.. Trus keluar dari kuburan" Ini siapa lagi kalo bukan Adin yang komentar. Pia masih santai menyanyi lagu bintang kecil (agak ga nyambung sih..)
"Itu kan bo'ongan dek, cuma buat film aja.. Yang jadi hantunya juga orang beneran" Dalam hati bertanya, kapan anak kecil ini nonton film horor? Padahal saya liat reality show dunia lain aja takut.
"Kata temen kakak klo malem lo dikuburan banyak hantu mi.. Ada pocong mi.." Mica masih bertahan.
"Denger mami ya... Orang yang uda meninggal itu uda ga bisa apa-apa, ga bisa keluar dari tanah trus nakuti orang lewat, pocong itu kan orang yang uda meninggal sebadan dibungkus kain putih tangannya aja ga bisa keluar-keluar. Gimana mau keluar sendiri dari tanah? yang dikira hantu itu kan pohon kamboja ini yang goyang-goyang kena angin. Bunganya putih putih." saya berhenti di tengah pemakaman, disamping pohon kamboja berbunga lebat. Memang pemakaman ini tidak segelap pemakaman lain. Pohon kambojanya jarang-jarang tapi teduh. Jalan tengahnya sering dilalui penduduk sekitar untuk memotong arah. Saya juga berpapasan dengan orang-orang yang pergi ke sawah atau petani buah blewah kala itu.



"Tu liat pohonnya gerak-gerak ketiup angin, kalo malem kan lampunya redup disini, jadi klo goyang-goyang disangka hantu terbang-terbang"
"Aaahh.. Mami ngapain berhentiiiii!!!?" Mica protes.
"Ya biar tau kalo disini ga ada apa2 selain pohon sama kuburan orang meninggal"
"Trus yang mati dikubur itu ngapain mi?" Tanya Nadin. Ini anak kepo yak..
"Di dalam kubur ditanya sama malaikat Allah, apa amal baiknya apa amal jeleknya. Kalo amal baiknya banyak, didalam kubur ga dijahatin sama malaikat"
"Kalo banyak jeleknya mi?" Mica ganti kepo
"Yo digepuk'i kak sama malaikat.. Ya kan mi?" (Bisa tebak siapa yang jawab?)
Sek.. Saya ketawa dulu.. Wkwkwkwk....
Sambil lanjut perjalanan, eh jalannya emang agak rusak berbatu gitu. Jadi kudu pelan-pelan bonceng anak 3 klo ga pengen kejengkang jama'ah disitu.
"Makanya, kita wajib doakan orang yang uda meninggal, pas sholat, pas lewat makam juga doa.. Supaya yang meninggal diringankan dosanya, nggak dijahati sama malaikat" (mau bilang disiksa koq masih ga tega..)
"Doa apa mi, ga bawa buku doa mi.."
"Doa yg bisa aja. Al Fatihah. Setiap lewat pemakaman, dimana aja, kapan lewatnya, bacakan Al Fatihah untuk yang uda meninggal.. Pahala looo"
"Mau mau pahala, mau.." Seru Adin.
"Yawes baca Al Fatihah, yang keras" jawab saya. Dan sontak 2 anak ini membaca Al Fatihah setengah berteriak keras-keras, Pia menirukan semampunya. Lalu mengucapkan Aaaamiiiiinn dipanjang-panjangkan. Oke, beberapa orang yang papasan sampe ngeliatin gitu deh.. Saya diem aja berhubung kaca helm juga tertutup rapat.
Sejak saat itu, nggak ada lagi cerita takut lewat kuburan atau pemakaman. Bahkan pernah saya nanya sama Mica pas lewat situ apa uda baca Al Fatihah, "uda mi, uda 3 kali dalam hati... Masak teriak-teriak" Alhamdulillah...
Yah, kali aja mereka nantinya masih bakal dapat cerita-cerita horor bin serem dari teman-teman sekolah tentang hantu kuburan atau liat film hantu di tivi. Apalagi bumbu cerita anak seusia mereka bisa ngalah-ngalahin skrip skenario film horor tingkat internasional. Tapi, dasar pemahaman mereka uda ada, bahkan tanpa disuruh pun sekarang membaca Al Fatihah kalo melewati makan dimanapun.
Mungkin juga karena saya mengajak dialognya pas lewat sore-sore, coba kalo pas malem hari... Hayaaaaah.. Saya pun bisa merinding dingdong ah..

@ FB 7 Januari 2015

0 comments:

Post a Comment