31.10.15

Buku Itu Mahal???

Posted by with 1 comment


Buku itu mahal?

Dulu buat saya, buku itu semacam makanan wajib. Tiap lewat Gramedia atau Toko Buku apapun, selalu beli 1-2 buku. Pernah juga beli langsung 1 seri isi 4-5 buku saking mupengnya. Tidak terbatas buku apa, tapi kebanyakan fiksi romantis, chicklit, dan terbanyak adalah dongeng anak. (Harry Potter masuk dongeng tidak?) Tapi itu dulu.. Ketika negara api belum membakar hutan kita. *eeehh
Setelah punya anak 3, kegiatan gila beli buku dikurangi (tepatnya dihentikan). Pertama karena budget beli buku diambil alih oleh kebutuhan dasar rumah tangga dan keperluan anak. Kedua nggak sempet lagi jalan-jalan ngemol khusus njogrok di lantai toko buku. Yang ketiga, mudah bagi saya sekarang baca buku via android. Free!!! Alias gratisss...
Waktu ngemol pun terbagi sempurna. Dulu 10% belanja, 20% cuci mata, sisanya ngecengin buku-buku kece kalo ga nonton film. Sekarang, 50% belanja bulanan, 30% makan, 20% main sama anak. Atau 100% window shopping. Ga ada lagi kesempatan beli buku bahkan sekedar liat rak best sellernya. Gramedia terlewati dengan penuh iler setiap kali hang out sama keluarga. Padahal dulu punya resolusi untuk mengajak anak-anak wisata buku tiap bulan.

Di otak saya, buku sekarang mahal. Meski sekarang semua buku-buku tebal ratusan halaman terasa ringan dipegang. Meski buku-buku itu covernya cantik manis manja ingin dibeli. Dulu, baca buku Harry Potter 5 atau Eragon : Inheritance rasanya bikin tangan rematik (pernah juga ketimpa buku pas di hidung sampe pengen banget ngunyah bukunya). Buku sekarang ringan ditangan, ga akan pegel baca-nya. Dulu, buku setebal apapun yang saya idamkan, harganya masih relatif terjangkau. Ditambah budget tidak terbatas, rasanya gampang banget beli buku sekaligus 5 biji.

Kemaren rasanya beku didepan rak buku. Setelah bertahun-tahun jarang ke Gramedia (level saya turun sebatas pasar buku bekas), suami ngajak saya ke sana untuk beliin saya buku. Sumringah wajah ini menitipkan troli belanjaan didepan sekuriti. Menatap deretan rak-rak penuh makanan lezat. Mengambil satu..dua...tiga....eem... Ga jadi. Yess ga jadi. Nafsu makan turun. Selera membaca hilang. Buku yang saya liat dari review temen-temen, harganya menyentuh 6 digit angka.

Lupakan kisah sedih di hari Minggu saya itu.

Saya mau cerita soal anak-anak. Abaikan iler saya.

Jadi, 3 anak ini berlarian diantara rak-rak buku. Mencomot buku ini dan itu. Membaca keras. Berteriak girang macam Tarzan masuk kota.
"Mami.. Ini buku keren bisa dipencet keluar suaranyaaa..."
"Mami beli ini yaa.. Ini belum punya"
"Mami boleh beli semua?"

Huffft.. Elap keringet. Buku yang ditunjuk buku impor semua. Ajaib memang anak kecil selalu sukses bikin emaknya gobyos disaat-saat santai. Harganya jangan tanya. Sepetak telapak tangan bisa 90rb. Setebal belasan halaman bisa 50rb. Bahasa Inggris! Baiklaah naaak.. Kita pindah raaak...
Saya putuskan, tidak beli buku untuk diri sendiri. Anak-anak lebih penting. Akhirnya saya suruh pilih buku semua. 2 aja jangan banyak-banyak.
Si kakak pertama datang dengan buku-buku tebal hardcover. Mami geleng kepala "ini buku bahasa Inggris kak, belum bisa bacanya.."
Si kakak kedua datang dengan buku tebal berongga dengan isi figurin princess "heee..ini mainan, bukan buku. Mananya yang mau dibaca?"
Yang paling menyentuh dan bikin terharu, si adik kecil. Datang bawa buku warna-warni setebal dan sebesar pelukannya. Judulnya berat bangetlah.. Dia cuma bertanya "mami buku ini mahal apa nggak? Boleh beli?" Yang bikin terharu dia nanya dengan suara terkeras yang bisa dia keluarkan. Bikin semua orang sontak melirik ke saya. Dibilang malu enggak, dibilang nggak malu juga enggak. Entahla yaaa... Pikir aja sendiri.

1 jam disana sukses buat saya ketawa-ketawa jaim. Anak 3 berasa di rimba. Dimanapun mereka nemu buku "lucu", mereka akan teriak dari sana padahal saya di rak terjauh.
"Mamiii.. Ini lucuuuu.. Beli yaaa.."
"Mamiiii... Mamiiiii.. Yang mana yang dibeli? Yang murah apa yang mahal?"
"Miii.. Koq ga boleh semuaaaa..."
Itu teriaaak sodaraaa.. Dari ujung ke ujung. Saya mau pura-pura tenggelam di tumpukan buku soal UMPTN juga ga bisaaa... Hiks.
Konyolnya suami saya sibuk sendiri ndoprok di lantai dekat rak buku favoritnya. Sementara saya ngumpet-ngumpet hahahahahaaasssyeeeem...
Anak-anak datang silih berganti bawa buku yang diingini. Nadin masih dengan buku figurin, Pia kesana kemari nyeret poster angka (yang ternyata harganya 32rb selembar!!!!) Dan Mica menyeret saya ke konter yang bikin saya takjub! Dia minta beli Al-Qur'an dengan pena yang bisa keluar suara kajiannya saat disentuhkan ke Al-Qur'an khusus yang bagus, indah dan bikin mupeng juga.. Agak terpesona sih sama pilihan Mica, lebih terpesona lagi lihat harganya, 1jt kurang 2rb perak.

1 jam yang ga berasa. Masih kurang rasanya mendelik melihat semua buku yang sudah ada di daftar saya. Termasuk Goosebump! Yang akhirnya tidak satupun terbeli.
Dan rencana beli 2 buku masing-masing anak juga tak sanggup dilakoni.
Mica membeli 1 buku cerita karya anak-anak, dikemas seperti novel. 40rb.
Nadien milih 1 buku pelajaran membaca-menulis yang warna-warni. 30rb.
Pia simpel, nggak beli karena lebih tertarik beli kutex. 10rb,
Suami saya beli 1 buku lucu buat dibaca bareng. 90rb.

Yasudahlah.. Mengalah.
Buku-buku sekarang mahal. Sumber ilmu dan bacaan itu mahal. Bukan cuma bayar obat yang mahal.
Buku bacaan anak pra-TK aja, dulu masih 15rb yang tebalnya ga sampe 10 halaman. Sekarang 35rb. Apalagi buku novel impian saya. Apalagi kamus. Apalagi ensiklopedia. Apalagi buku best seller?

Sudahlaaah... Jangan salahkan kalo darling Gugel lebih terkenal dibanding sumber ilmu bernama buku. Jangan salahkan Watty lebih banyak readernya dibanding toko buku 2 lantai.
Buku itu mahal brader..

*untuk semua keinginan yang belum terpenuhi

1 comment: