1.3.15

Perlengkapan ASIP untuk Working Mommies... Share yuk!!

Posted by with No comments

Daftar perlengkapan asip buat working mommies
Bagi mommies yang bekerja dan berencana akan memerah asi di kantor menggunakan breastpump, maka saya mau bagi pengalaman saya dalam menyiapkan perlengkapan tempur untuk itu.
1 bulan pertama kerja, saya memerah pake tangan mom.. Hanya berbekal gelas takar, botol kaca dan cooler bag plus ice gelnya. Berhubung waktu perah yang musti cepet dan tangan mulai linu kalo digabung sama kerjaan kantor, saya nyerah pasrah dan beralih ke Breastpump (BP).
Kalo merah pake tangan sih enteng bawaannya mom, kalo pake BP emang printilan agak lebay... :d

Ini dia :
1. Breastpump Medela Harmony
Buat saya, BP elektrik itu cepet dan hasilnya banyak, tapi lebih nyaman dan lembut pake manual. Kuat hisapannya bisa diatur manual dan ga sakit. (Buat saya looo....). Dan pilihan BP saya adalah Medela Harmony. Selain punya kelebihan hisapan seperti hisapan bayi(2 phase expression), printilan BP ini cuma dikit. Botolnya ukuran 150 ml. Corongnya ada 2 pilihan sesuai bentuk PD.

2. Botol kaca
Saya punya 2 jenis botol, kebetulan dulu beli nyicil. Yang pertama, botol kaca yang baru dengan tutup karet dan ada batas pengisiannya. Kalo ga salah ukuran 100 ml. Kacanya agak lebih tipis. Yang kedua, botol bekas UC1000 dengan tutup plastik dobel, pop up dan ulir. Ukurannya sekitar 120 ml tapi ga ada batas pengisian dan kacanya lebih tebel (saya pernah njatuhin botol kosong, tapi ga sampe pecah). Biasanya saya steril botol sekalian banyak 1 panci penuh. Setelah kering, saya tutup dengan tutupnya. Lalu simpan di lemari kaca. Saya nyimpen beberapa botol asip cadangan dikantor dalam wadah plastik kedap udara. Tentunya botol yang uda steril ya... Sedangkan kalo berangkat kerja, saya hanya bawa 2-3 botol, karena jam istirahat saya pulang. Botol kaca lebih aman daripada botol plastik merek mahal sekalipun. Karena BPA free, mudah mencuci lemaknya yang nempel dan kalo disteril panas berapapun gak mleyot.

3. Cooler Bag
Sebelum sekarang ini, saya bawa cooler bag Igloo warna biru. Bisa muat 4 botol kaca. Tapi setelah niat untuk pulang istirahat, yang hanya 1 jam, jarak tempuh PP 14 km, saya jarang bawa cooler bag lagi kalo gak penting banget.

4. Ice gel
Saya cuma punya 6 ice gel kecil dan 1 ice gel sedang. Kalo gak dipake sih mereka ngendon di freezer aja. Tapi saya juga bikin es cadangan dari botol minuman jus yang diisi air (mentah). Jadi kadang kalo listrik mati, es cadangan itu yang bantu jadi pendingin kulkas.

5. Tupperware
Penting. Untuk naro BP didalamnya. Karena tutup tupperware sangat rapat loh. Saya pake yang tall square dari Rainbow collection. Ukurannya pas buat naro medela harmony. Selain itu, punya fungsi ganda juga. Jadi gini, karena dikantor ga bisa masak air buat steril BP setelah sesi pertama perah, saya hanya memanfaatkan dispenser air panas untuk men'steril'kan BP dengan cara singkat. Yaitu, setelah dicuci bersih, taro BP dalam tupperware. Rendam dengan air panas dari dispenser selama 10-15 menit. Buang airnya. Tiriskan/keringkan. Voilaaa... Bisa dipake lagi deh BP-nya. Karena menurut AIMI, steril BP untuk working mom bisa 1x sehari aja.

6. Sabun cair
Wajib dibawa. Saya pake sleek pencuci botol bayi yang ditaro diwadah kecil dengan semprotan spray yang bisa dibeli di supermarket. Sleek ini 100% food grade mom, aman buat cuci perlengkapan bayi. Biasanya sih saya taro dikantor. Tapi karena sering juga pumping di mall/kantor luar, jadi botol sabunnya saya bawa jadi satu. Kadang saya pake buat cuci tangan juga sih... :)

7. Plastik ziplock
Fungsinya untuk nyimpen tatakan botol medela dan pompa. Jadi bersih deh...

8. Saputangan handuk
Kadang penting untuk mengeringkan botol. Karena kalo kita pake tissu, takutnya sih serpihan kertas tissue masih tertinggal dibotol dan bisa bahaya jika tertelan bayi. Ganti ya setiap hari.... :d

9. Tissu kering, tissue basah sachet
Yah... Buat mengelap yang perlu dilap deh... Xixixixi...

10. Dettol hand sanitizer
Kalo terlalu mendadak dan diburu waktu dan ga sempet cuci tangan dengan bersih (dengan cara tepat yang memakan waktu hampir 8 menit), saya pake ini. Tinggal tuang banyak-banyak, dan bersihkan tangan. Sip!!

11. Foto bayi saya yang cantik jelita
Penting buat mancing LDR. Saya pilih foto bayi saya yang paling imut dan ada momen pribadi sama saya. Sebenernya bisa si pake foto di blackberry. Tapi kalo saya pumping bawa bb, bisa-bisa pumpingnya nggak fokus karena malah buka fesbuk dan berdagang.. Qiqiqiqiq..

12. Tas perlengkapan
Seperangkat alat sholat itu, eh, seperangkat alat tempur itu masuk didalam tas mungil saya. Hitam-Diadora. Hadiah ngumpulin stiker dari Hypermart. Hihihi.... Dalam tas itu ada jaring2 buat nyimpen tissu, dll. Dan ukurannya pas buat tupperware didalamnya, padat bin semok. Sayangnya, cooler bag jadi terpisah dan bikin rempong karena bawa 2 tas. Untungnya sekarang saya nggak bawa cooler bag tiap hari, jadi lebih ringkes karena cuma bawa 1 tas aja. Kecuali kalo hari Sabtu, dimana saya full day dikantor tanpa bisa pulang istirahat, baru saya bawa cooler bag dan ice gel. Tas ini pernah jatuh dari motor waktu saya ngebut, hanya luka kecil yang dideritanya, serta tutup tupperware yang pecah dikit (life guarantee). Selebihnya aman.

Sebenernya saya punya diaper bag impian namanya CARTER FLOWER. Warna dasar coklat, bunga-bunga kecil. Manisssss banget. Sayang belum kesampaian. Coba ada yang ngasi *KETEPLAAAAKK......* biar dikata diaper bag, kan bisa alih fungsi jadi tas tempur... :p

Jadi momss.... Itu sih perlengkapan yang saya bawa aja. Ada mommies yang bawaannya lebih dikit, ada juga yang lebih banyak. Tergantung sih kebutuhannya. Ada yang bawa panci elektrik mungil untuk ngerebus air/botol. Tapi kalo saya sih, yang penting nyucinya botol bersih, dibilas dengan air panas matang, udah cukup deh. Hehehehe... Dasar pemalas!!

Oya moms.... Supaya nggak rempong bawaanya kae saya, ada baiknya di kantor siapkan benda-benda berikut ini :
1. Sabun cair dalam botol
2. Tissu kering
3. Cadangan botol kaca
4. Panci steril elektrik / tablet steril
5. Sikat botol
6. Foto bayi yang lucu-lucu
7. Nursing Cover (kalo terpaksa pumping di tempat umum)

Jadi moms, tidak pandang sehebat apa isi tas perlengkapan asip kita, yang penting jika niat kita memerah, ya sudah, Insya Allah pasti berhasil.. Meski hanya dengan tangan loh... Karena sebenernya enakan pake tangan, lebih dikit yang dibawa-bawa. Tergantung kebutuhan ya mom.... :)
Kalo moms semua, gimana isi tas tempurnya? Share yuuukk.... :)
==============================================
Alat perlengkapan persediaan ASIP seperti :
  1. Botol ASIP Baru : Wideneck, Lubby, Vial (tutup karet), Botol RBS, Botol Baby Pax, Botol BKA
  2. Botol ASIP Rekondisi/Bekas : Ex-UC1000, Tutup Karet
  3. Breastpump atau Pompa ASI
  4. Sparepart Pompa Asi
  5. Cooler Bag dan Cooler Box
  6. Ice Gel dan Hot Gel
  7. Ice Pack / Cooler Pack
  8. Tutup Botol Ex-UC
  9. Plastik ASIP
  10. Suplemen Ibu Menyusui : Mama Soya, Mama Honey
  11. Nursing Cover
  12. Nursing Wear 
Bisa didapatkan di :
==============================================
Info dan Pemesanan hubungi :
SMS/Whatsapp :  0823-3553-2717 / Rizka
Facebook Fan Page : Emak Asi
 ==============================================

0 comments:

Post a Comment