9.2.15

No Knead Bread - Roti Tanpa Diuleni

Posted by with No comments

Uda lama liat di timeline FB resep inih, apalagi bu dokter Vina sering praktekin, enak dan cantik hasilnya. Jadi mupeng. Trus ngeliat oven nangkring hampir setahun lebih beli ga dipake-pake. Terus terang aja, saya baru setahun belakangan ini masuk dapur, untuk memasak dan bikin cemilan "terlalu ringan" (maksudnya dibawah level cemilan ringan.. Wkwkwk). Untuk bikin kue begini manalah saya mampu.. Eh koq curcol.
Jadi, resep ini kalo diliat sih memang mudah dan simpel. Belum tentu menurut saya juga. Pernah bikin resep simpel aja pun tetep gagal hahaha.. Baca di blog teteh Ricke, resep sama bahan sama beda tangan bisa beda hasil loo.. *pembelaan diri*
Resep yang banyak di share para foodblogger dan fesbuker ini dipopulerkan oleh bunda Nina. Roti tanpa diuleni. Asyik kan? Saya uda ijin share dan nge-link postingan bunda Nina ini via blog-nya. Resep aslinya disini 
Tapi saya tuliskan ulang menurut versi saya ya..

NO KNEAD BREAD 
Roti Tanpa Diuleni

Bahan :
120 ml susu (saya pake ultramilk plain)
100 ml air
40 gr gula halus
4 gr garam halus
6 gr ragi instan
260 gr tepung terigu protein tinggi (merk Cakra)
40 gr tepung terigu protein sedang (merk Segitiga Biru)
catatan : saya nggak punya tepung Segitiga Biru, jadi saya pake tepung Cakra 300 gr
30 gr mentega cair

Isian : 
sesuai selera, bisa coklat, aneka selai, keju atau daging (saya pake selai coklat)

Olesan : 
1 kuning telur + 1 sdm susu cair

Cara Membuat : 
- Tuang susu dan air dalam mangkok, kemudian masukkan gula dan garam. Aduk hingga gula larut.
- Taburkan ragi instan pada mangkok tersebut dan diamkan 5 menit. Jika ragi sudah tercampur dengan air, aduk dengan sendok hingga larut.
- Masukkan campuran terigu yang sudah diayak, lalu aduk menggunakan sendok kayu hingga membentuk adonan yang kenyal.
- Masukkan mentega cair dan aduk hingga rata. Tekstur adonan akan basah dan lengket.
- Tutup mangkok dengan plastik wrap atau bisa juga menggunakan serbet bersih. Fermentasikan selama 20 menit (saya pake Large Rice Bowl Tupperware yang ada tutupnya, tutup rapat deh)
Sebelum Fermentasi
- Setelah 20 menit, taburi tangan dengan tepung terigu dan kempiskan adonan. Balik adonan bagian bawah dan bentuk bulat. Fermentasikan lagi selama 20 menit. Ulangi proses fermentasi ini selama 3x.
Fermentasi ke-3 (terakhir)

- Setelah 3x proses fermentasi, adonan bisa disimpan di kulkas selama 5-6 jam atau semalaman. Kalau mau langsung dibentuk dan dioven juga bisa ya. (Berhubung mau cepat pengen tau hasilnya, saya sempet masukin ke kulkas 1 jam doang trus dikeluarkan)
- Keluarkan adonan dari kulkas, kempiskan dan dibagi menjadi beberapa bagian. Timbang @50 gr dan dibulatkan kembali. Diamkan selama 15 menit.

- Adonan siap diberi isian atau dibentuk sesuai selera. (Sama dengan bunda Nina, saya buat roti sobek, jadi adonan dipipihkan, beri isian dan bulatkan kembali).
- Tata adonan di loyang yang sudah dioles margarin.
- Beri bahan olesan dan panggang suhu 190'C selama 15 menit (masalahnya disini pake oven baru pertama kali. Jadi timer saya nyalakan kelamaan, hampir 20 menit. Oven panas baru saya masukin loyangnya. Oiya, ovennya oven listrik tanpa pengatur suhu. Jadi menurut dr. Vina, saya harus mendelik'i pintu oven jangan sampe gosyong.. Wkwkwk)
- Setelah dikeluarkan dari oven, panas-panas oles dengan butter. Siap disajikan.
Alhamdulillah.. Percobaan pertama saya berhasil. Rasanya pengen lompat-lompat keliling dunia, apalah daya ongkos tak sampai. Senyum senyum terus sampe diledekin kakak Micca. Permukaan roti agak gosyong, tapi pas dites tusuk dalamnya kering, berarti mateng kan ya..

Catatan buat pribadi : 
- Nggak di masukin kulkas juga gapapa. Jadi bikin sejam aja jadi deh.. Buat sarapan juga yahud, cuma baiknya sarapan minggu pagi aja. Kalo hari lain, pasti telat ngojek.
- Nggak pake isian juga enak, cuma susunya enak pake full cream. Ato next time coba susu cair coklat/stroberi. Hehehe..
- Nggak pake olesan kayaknya juga cantik. Ato olesan dikit pake susu cairnya aja, gausa kuning telur. Ternyata yang gosong atasnya doang, dalemnya baek-baek ajee..
- Bisa dicoba kayak Bunda Nina, di masukkin ke cupcase, ditopping sama saus bolognese dan keju moza. Kayak pizza deh..
- Oya, kata dr. Vina, dough ini bisa dibuat base Pizza. Gulanya separo resep, abis proofing terakhir dough dibagi. Dibulatkan (rounding) dan digilas pake rolling pin. Jadi deh base pizza lembut dan empuk.
Seratnya lembut
Tambahan dari Bunda Nina :
Nina Agustina
Kalau bikin roti coklat, terigu dikurangi dikit diganti coklat bubuk. Misal di resep terigu 250 gr, jadi terigu 230 gr, coklat bubuk 20 gr. Kalau saya bikin roti selalu langsung dipanggang semua mbak, kalo yg no knead bread itu juga setelah semalaman langsung masuk oven. Jd mohon maaf saya gak bisa jawab berapa lama awet di kulkas, karna emang gak pernah lama nyimpan adonan.
Enak bingits makan roti anget-anget bikinan sendiri. Actually rasanya masih kurang manis. Mungkin karena pake susu plain. Lain kali mau pake yang full cream aah... Yang penting saya sukaaa saya sukaaaaa (mey mey mode ON)..
========================================================
Pengen bikin kue dan cemilan tapi males ribet?
Pengen baking tapi takut gagal?
Pengen es krim bikin sendiri dan mudah?
Ini ada loh resep tepung instan/premix segala macam kue, cemilan sampai es krim.
Lezaaat dan hemat.
Langsung baca disini yaaa : TEPUNG PENCITRAAN 
========================================================

0 comments:

Post a Comment