28.1.15

Nge-Grup di Facebook (Part 3)

Posted by with No comments

Masih tentang Grup di Facebook
Boleh saya kasi gambaran, sebaiknya gimana kita memilih grup dan menjaga etika di dalam grup?



1. Grup adalah komunitas, entah itu mengusung 1 tema seperti hobi, profesi, jual beli, sharing ilmu tertentu atau juga hanya grup asal yang terbentuk karena kebersamaan seperti Grup Rumpi atau Grup Wanita Kece (bukan nama sebenernya, cuma perumpamaan). Masuklah pada grup yang bener-bener diperlukan, kalo sekedar kepo lalu keluar, itu buang-buang waktu.

2. Setiap grup punya aturan. Kadang santai kayak dipantai sampe yang posting ngawur-ngawur juga dicuekin. Ada juga yang disiplin tingkat Kopassus sampe yang salah dikit ditendang dan banned permanen. Bacalah aturan Grup sebelum posting sesuatu. Jangan sampe diperingatkan dulu sama Admin (atau lebih ekstrimnya diomelin sesama member), malu. Kayak ga bisa baca aja..

3. Hindari menulis "maaf ya kalo uda ada yang nanya ini". Grup di Facebook dibuat dengan beberapa fasilitas termasuk searching box. Ketik kata kunci yang anda cari, baru kalo ga muncul postingan lamanya, tanya deh. Pertanyaan berulang biasanya bikin Admin dan Member lama gerah untuk menjawabnya.

4. Pergunakan bahasa yang sopan dan santun. Ga perlu bersikap pro kontra berlebihan. Kalo ga suka, silahkan walk out, tinggal pilih menu "leave group" aja koq jadi masalah. Alay biasanya ga diterima di grup-grup tertentu.

5. Bijaklah berkenalan di dalam grup. Meski sesama member, sesama hobi, sesama penderitaan dan sesama sehidup semati kuotanya, jangan terlalu percaya pada orang yang baru dikenal hanya di dunia maya!

6. Kalo uda jadi member, jangan sok ngAdmin kalo memang bukan Admin. Admin sama dia kalah galak. Suka ngingetin member lain yang salah posting dan kebanyakan nanya, dengan kalimat lebih pedes dari Admin. Cari muka mbak? Sana beli di pasar. Boleh ngingetin, tapi dengan cara yang baik.

7. Jangan tanyakan tentang A kalo grup itu khusus B. Apalagi mencoba berdagang di grup yang dilarang berdagang. NO OUT OF TOPIC (OOT)

8. Autotext is not cool.. Ga semua hp bisa munculin autotext anda, apalagi yang banyak kotak-bintang-bunga-nya. Ga semua juga bisa membaca apa maksud autotext itu.

9. Nulis di Facebook tidak dibatasi 160 karakter kayak kita SMS. Ga perlu disingkat jadi 2-3 huruf yg pada akhirnya malah ga kebaca blass.. Apalagi diganti-ganti angka.

10. Berhenti menjelek-jelekkan grup lain. Sapa tau didalam grup situ juga ada member dari grup yang kita bully. Kredibilitas anda menjadi NOL BESAR.

11. Tidak curhat secara berlebihan. Sampe semua member bisa tau rahasia dapur dan ranjang. Banyak celah bisa dimanfaatkan orang. Apalagi itu kan rahasia rumah tangga. Jaman sekarang ibu-ibu demen amat umbar aib sendiri.

12. Grup yang geje, yang bahasannya ga penting, yang suka provokator, yang isinya hoax dan pamer, yang isinya hanya sensasi ga ada manfaatnya = tinggalkan.

Semoga bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment