20.1.15

Foto Amatir di Facebook

Posted by with No comments

Grup Foto Amatir ini baru dibuka di Facebook tanggal 10 Januari 2015 lalu. Masih baby banget. Newcomer diantara grup-grup sejenis lainnya.

Awal mulanya gara-gara saya 2x kena Food Challenge di FB. Aturan Challenge ini mudah, upload foto makanan/minuman/snack apapun ke FB. Boleh makanan bikin sendiri, beli, minta atau pinjem. Yang penting di Foto di upload di wall pribadi, boleh dengan atau tanpa resep. Kemudian tag 1 nama teman untuk melanjutkan challenge berantai ini. Gampang kan? Karena kita ga perlu bener-bener masak sendiri. Tinggal foto makanan yang ada. Challenge beginian beredar banyak di FB. Bagi yang aktif membuka FB pasti sering liat tema-berantai ini dari 1 orang ke orang lain. Ada tentang Black and White, Handwriting, 3 hal yang disyukuri hari ini.. Dan lain-lainnya. Yang berkaitan dengan foto tentu saja menyuguhkan pemandangan bagus di FB. Foto-foto masakan, makanan, benda yang diatur indah bertebaran di FB. Bukan hanya FB sih sebenernya, challenge seperti ini juga ada di Instagram dengan akun terkenal @UploadKompakan. Foto-fotonya kereeen banget, sangat profesional. Meski beberapa menyebutkan bahwa hanya menggunakan kamera android/hp dan properti sederhana. Tapi hasilnya sangat indah dan proporsional.

Akhirnya terbersit keinginan saya untuk mempopulerkan foto kompakan bareng di FB seperti di Instagram. Tentu saja dengan format yang sederhana. Jadilah grup Foto Amatir yang di-admin-i oleh saya dan sahabat saya Alicia. Grup ini dibuat bukan untuk menyaingi grup sejenis lainnya meskipun idenya mirip dan terinspirasi dari trend yang sekarang lagi eksis menggunakan hastag "challenge". Karena seringnya muncul #challenge untuk seru-seruan upload foto dengan tema khusus dan dilakukan berantai dari 1 orang ke orang lain. Namun banyak juga yang tidak berani menampilkan fotonya karena minder. Kebanyakan memang mereka meng-upload foto dengan teknik fotografi yang bagus dan menghasilkan efek profesional (tampaknya). Grup ini dibuat untuk hal yang sama, seru-seruan upload foto dengan 1 tema tertentu, tidak berantai dan semua boleh ikut. Foto yang diupload tidak harus menghasilkan efek profesional. Di grup Foto Amatir, member akan menjadi percaya diri dengan meng-upload foto yang dibuat sendiri. Membuatnya semenarik mungkin dan sedap dipandang. Bukankah semakin sering belajar, semakin baik kualitas hasilnya?
Seperti yang ditulis di deskripsi grup, Inti grup Foto Amatir adalah : Menyalurkan hobi dan membuat foto dari hal-hal sederhana di sekitar kita menjadi lebih menarik dan indah dilihat. Bukan berpatokan kepada teknik dan alat. Just having fun!

Ada beberapa peraturan mendasar di grup Foto Amatir (FA) antara lain DILARANG KERAS mengirimkan foto hasil CURIAN milik orang lain, foto copas dari internet/media lainnya, foto pornografi, foto mengandung isu SARA dan foto bukan kreasi sendiri. Apabila ketauan membuat foto diluar aturan ini, Admin akan TENDANG keluar. Sadis ya.. Hahaha... FA juga menerapkan Tema khusus, tapi hanya mingguan. Jadi member diberi kesempatan seminggu membuat objek foto sesuai tema dan boleh menampilkan 2 foto. Yang paling mudah, di FA diperbolehkan menggunakan teknik foto apapun. Dari hp atau kamera apa aja terserah. Juga di-sah-kan menggunakan aplikasi android, software atau apapun sejenis foto editor, cam365 bahkan beauty plus jika perlu . Namun hanya untuk menambah indah penampilan foto. Secara teknis diinginkan untuk terus belajar memperbaiki tata letak properti, keseimbangan benda-benda, pencahayaan, dan lain-lain. Minimal semua foto yang difoto memiliki sense of art yang layak untuk ditampilkan. Foto yang diupload tidak menampilkan foto anggota tubuh manusia dan hewan. Hanya benda/pemandangan yang masuk pada tema saja.

Berminat bergabung? Silahkan join di grup Foto Amatir disini yaa...

Beberapa karya foto di Grup Foto Amatir
 #FA1Cincin
Copyright : Foto Amatir on Facebook
 

0 comments:

Post a Comment